%0 Thesis %9 Skripsi %A Anisa Friska Andriyani, NIM.: 20104010057 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72803 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kajian Al-Qur’an, Akidah Akhlak, Efektivitas, Pendekatan Kualitatif, Pendidikan Karakter. %P 171 %T EFEKTIVITAS KAJIAN AL-QUR’AN DALAM PENGUATAN PEMAHAMAN MATERI AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MAMBA’UL HIKMAH MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72803/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode kajian Al-Qur’an dalam memperkuat pemahaman materi akidah akhlak pada siswa kelas VII di MTs Mamba’ul Hikmah, Dusun Gaten, Desa Ketunggeng, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode kajian Al-Qur’an yang diterapkan meliputi pendekatan tematik, pembelajaran berbasis masalah, studi kasus, pendekatan kontekstual, serta diskusi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan wawancara dan juga angket yang dilakukan bersama ibu Siti Fatimah selaku guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan 30 siswa sebagai perwakilan dari kelas VII dilakasanakan pada tanggal 9 November 2024. Penelitian menunjukkan bahwa metode kajian Al-Qur’an memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai akidah dan akhlak. Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, menunjukkan sikap yang lebih baik, serta mampu mengaitkan ajaran Al-Qur’an dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, metode kajian Al-Qur’an terbukti efektif dalam memperkuat pemahaman akidah akhlak sekaligus membentuk karakter religius siswa. xii Kata kunci: Kajian Al-Qur’an, Akidah Akhlak, Efektivitas, Pendekatan Kualitatif, Pendidikan Karakter. %Z Prof. Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag.