eprintid: 72805 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/28/05 datestamp: 2025-09-12 06:53:34 lastmod: 2025-09-12 06:53:34 status_changed: 2025-09-12 06:53:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Destri Fitriana, NIM.: 21104030071 title: MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI STEAM DENGAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI PAUD MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 372.21 divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Manajemen Pembelajaran, STEAM, PAUD, Nilai ke-Islaman, Society 5.0 note: Bahtiar Arbi, S.Pd., M.Pd. abstract: Manajemen pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya faktor internal yang berasal dari karakter peserta didik dan juga guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun yang terjadi dilapangan terdapat masalah terhadap manajemen pembelajaran yang terintegrasi STEAM dengan nilai islam. Sehingga, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran terintegrasi STEAM (science, technologhy, engineering, arts, dan mathematics) dengan nilai-nilai ke-Islaman pada era society 5.0 di lembaga PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini di salah satu lembaga PAUD Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancar semi tersturktur, observasi, dan studi dokumentasi. Fokus penelitian ini mencakup manajerial pembelajaran yang terkait perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran yang memadukan konsep STEAM dengan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan spiritualitas dalam keseharian anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang sistematis dengan nilai-nilai ajaran Islam. Dengan adanya strategi integratif ini tidak hanya memperkuat kemampuan kognitif dan keterampilan abad 21 pada anak, namun juga membentuk karakter Islam yang kuat sejak dini. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran PAUD yang relevan dengan tuntutan zaman sekaligus menjaga identitas keislaman dalam pendidikan. Kata kunci : Manajemen Pembelajaran, STEAM, PAUD, Nilai ke-Islaman, Society 5.0 date: 2025-07-10 date_type: published pages: 248 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Destri Fitriana, NIM.: 21104030071 (2025) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI STEAM DENGAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI PAUD MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72805/1/21104030071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72805/2/21104030071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf