eprintid: 72811 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/28/11 datestamp: 2025-09-12 04:09:37 lastmod: 2025-09-12 04:09:37 status_changed: 2025-09-12 04:09:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Lulu Ilhamdatun, NIM.: 22200012013 title: KONSEP FILANTROPI PADA IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) WAROENG SPESIAL SAMBAL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 362 divisions: pek_sos full_text_status: restricted keywords: Altruisme Pure, Corporate Social Responsibility, Filantropi note: Dr. Ro’fah, M.A.,Ph.D. abstract: Penelitian ini mengkaji konsep filantropi dan implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Waroeng Spesial Sambal (Waroeng SS) di Yogyakarta. Sebagai perusahaan kuliner yang berkembang pesat, Waroeng SS tidak hanya berfokus pada aspek bisnis tetapi juga berupaya memberikan dampak sosial melalui berbagai program CSR dengan pendekatan filantropi. CSR pada dasarnya adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Jadi, bukan hanya sekadar kewajiban hukum, tetapi juga cara perusahaan menjaga reputasi, membangun relasi dengan stakeholder, dan ikut mendorong keberlanjutan sosial maupun lingkungan. Namun, dalam praktiknya, masih banyak CSR yang masih bersifat seremonial, sekadar formalitas, dan lebih menekankan citra perusahaan dibanding manfaat nyata. Akibatnya, kebutuhan mendasar masyarakat sering kali kurang tersentuh Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, program CSR Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta berfokus pada bantuan sosial yang bersifat langsung dan cepat sehingga masih cenderung karitatif. Praktik ini sejalan dengan konsep altruism dalam teori giving behavior, yang menunjukkan pemberian tanpa pamrih dan didorong oleh empati terhadap kebutuhan masyarakat, serta mencerminkan nilai kepedulian dan budaya sedekah. Dari sisi penerima manfaat, program dipersepsikan positif karena memberi rasa diperhatikan, terbantu, dan aman bagi keberlangsungan lembaga sosial. Dampak nyata terlihat pada pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan rasa percaya diri, meskipun aspek pemberdayaan jangka panjang seperti kemandirian ekonomi dan peningkatan kapasitas belum sepenuhnya tampak. Namun demikian, terdapat indikasi positif berupa keterlibatan penerima yang semakin aktif dalam komunitas dan kegiatan sosial. date: 2025-08-19 date_type: published pages: 170 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: Lulu Ilhamdatun, NIM.: 22200012013 (2025) KONSEP FILANTROPI PADA IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) WAROENG SPESIAL SAMBAL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72811/1/22200012013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72811/2/22200012013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf