@phdthesis{digilib72812, month = {July}, title = {TIPOLOGI ARTIKEL AGAMA DALAM KOLOM OPINI HARIAN UMUM YOGYA POST PERIODE 1990/1991 (ANALISIS ISI)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 02862969 Hamdan Daulay}, year = {1992}, note = {Drs. Ahmad Anwar - Digitalisasi}, keywords = {Redaktur Eksekutif; reporter; artikel}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72812/}, abstract = {Penyampaian dakwah melalui media massa tidak semudah menyampaikan dakwah dalam ceramah. Karena dalam penyampaian dakwah melalui pers harus disampaikan dengan konsep yang baik dan memakai aturan-aturan jurnalistik. Bahasa yang digunakan pun harus komunikatif, sehingga memudahkan pemahaman pembaca yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan media massa keislaman yang dapat menjadi wadah penulis keislaman. Di Yogyakarta, banyak koran yang memuat tulisan tentang keislaman, namun Yogya Post yang lebih banyak memuat tulisan keislaman. Dari hal tersebut, penulis ingin mengetahui berapa persen artikel agama pad aHarian Umum Yogya Post, tipe-tipe artikelnya, dan cara untuk meningkatkan dakwah lewat Harian Umum Yogya Post. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berdasarkan dokumentasi, interview, dan observasi. Dengan teknik analisis data melalui analisa isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase artikel agama pada Yogya Post periode Juli 1990-Juni 1991 hanya 58 buah atau 11\% dari total artikel 558 buah. Sedangkan tipe-tipe artikel agama yang ada, yaitu tipe dakwah, politik islam, ekonomi islam, dan pendidikan islam dengan presentase tertinggi dari tulisan yang dimuat. Untuk meningkatkan dakwah melalui Yogya Post, dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas tulisan artikel dengan melibatkan pakar ilmu dan menggalakan pendidikan pers dikalangan mahasiswa, serta meingkatkan kuantitas tulisan artikel agama dengan menambahkan kolom artikel dan memuat tulisan selain hari jumat.} }