eprintid: 72815 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/07/28/15 datestamp: 2025-09-12 04:38:50 lastmod: 2025-09-12 04:38:50 status_changed: 2025-09-12 04:38:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023202034@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Hasbi, NIM.: 89410741 title: PELAKSANAAN KURIKULUM PENDlDIKAN MADRASAH DAN PENGEMBANGANNYA DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN MAGELANG ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: kurikulum madrasah, pesantren, pendidikan Islam, pengembangan kurikulum, Pesantren Al Iman note: Drs. H. Muallif Syahlani - Digitalisasi abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kurikulum dalam lembaga pendidikan Islam, khususnya pesantren yang menggabungkan sistem pendidikan tradisional dengan pendidikan madrasah. Pesantren Islam Al Iman Muntilan Magelang merupakan salah satu pesantren yang menerapkan integrasi kurikulum agama dan umum, sehingga menarik untuk dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum pendidikan madrasah, pengembangannya, serta faktor pendukung dan penghambat di Pesantren Islam Al Iman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif-analitis untuk menggambarkan pelaksanaan kurikulum secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan madrasah di Pesantren Islam Al Iman dilaksanakan dengan memadukan kurikulum Departemen Agama dan kurikulum pesantren. Program pendidikan meliputi intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, yang bertujuan membentuk santri beriman, berilmu, dan mandiri. Pengembangan kurikulum dilakukan melalui penyesuaian materi, peningkatan kualitas tenaga pendidik, serta penyediaan sarana prasarana. Faktor pendukung pelaksanaan kurikulum adalah komitmen pimpinan pesantren, semangat belajar santri, dan dukungan masyarakat, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan fasilitas, kondisi fisik asrama, serta masih adanya guru yang kurang profesional. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa pelaksanaan kurikulum pendidikan madrasah di Pesantren Islam Al Iman cukup efektif dalam mengintegrasikan ilmu agama dan umum, meskipun masih memerlukan pengembangan pada aspek fasilitas dan kualitas tenaga pendidik. date: 1994-07-30 date_type: published pages: 125 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Hasbi, NIM.: 89410741 (1994) PELAKSANAAN KURIKULUM PENDlDIKAN MADRASAH DAN PENGEMBANGANNYA DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72815/1/89410741_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72815/2/89410741_BAB%20II%20sampai%20BAB%20III.pdf