%0 Thesis %9 Masters %A Hudaifah, NIM.: 22200012029 %B PASCASARJANA %D 2025 %F digilib:72817 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kesiapan Mental, Kesiapan Akademik, Kesiapan Spiritual, Kompetisi Sains Madrasah %P 138 %T DINAMIKA KESIAPAN MENTAL, AKADEMIK, DAN SPIRITUAL SISWA DALAM MENGHADAPI KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM): STUDI KASUS DI MAN BONDOWOSO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72817/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika kesiapan mental, akademik, dan spiritual siswa dalam menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di MAN Bondowoso. Kesiapan ini mencakup kesiapan akademik, kesiapan mental dan spiritual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis Studi Kasus. Lokasi penelitian adalah MAN Bondowoso berlokasi di Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur. Subjek penelitian ini diambil dari kategori satu kepala sekolah, dua guru, satu pembina KSM, satu guru pembimbing, satu siswa dan dua siswi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Karena peneliti ingin memperoleh data yang mendalam dan relevan dari informan yang paling memahami fenomena yang diteliti. Pemilihan informan dilakukan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya sesuai dengan tujuan penelitian. Fokus penelitian adalah (1) Dinamika Kesiapan mental, Akademik, dan spiritual siswa MAN Bondowoso dalam menghadapi KSM (2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam memberikan kesiapan KSM (3) bagaimana kontribusi bimbingan belajar dan bimbingan spiritual Islam terhadap kesiapan siswa menghadapi KSM. Hasil dari penelitian ini adalah kesiapan akademik dilihat variasi belajar siswa, tingkat konsistensi dan keaktifan dalam bimbingan sedangkan untuk kesiapan mental dan spiritual siswa yang mengalami kecemasan diberikan bimbingan spiritual seperti doa bersama, zikir, rutin dan tausiah dari guru pembina sebagai bentuk bimbingan spiritual dalam memberikan ketenangan batin kepada siswa. Selanjutnya terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam kesiapan siswa menghadapi KSM. Pertama faktor pendukung dilihat dari komitmen guru dan lingkungan madrasah yang kompetitif sedangkan untuk faktor penghambat, tekanan akademik dan kurangnya waktu bimbingan secara individual. Kesiapan siswa juga dilihat dari kebutuhan psikologis dan spiritual. Dalam penelitian ini menggunakan teori Abraham Maslow dalam menganalisis kebutuhan psikologis dan spiritual siswa menggunakan teori hierarki kebutuhan yang terdiri dari kebutuhan fisiologis sampai pada tingkat tertinggi aktualisasi diri. %Z Prof. Zulkipli Lessy, S.Ag., S.Pd., BSW, M.Ag., MSW., Ph.D.