@phdthesis{digilib72826, month = {July}, title = {USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP NEGERI DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 89410745 Marsono}, year = {1997}, note = {Drs. Rahmat Suyud - Digitalisasi}, keywords = {motivasi belajar, Pendidikan Agama Islam, guru agama, SMP Negeri Donoharjo}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72826/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya motivasi belajar siswa dalam menentukan keberhasilan pendidikan, khususnya dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI). SMP Negeri Donoharjo dipilih sebagai lokasi penelitian karena masih ditemui variasi motivasi belajar siswa dalam pelajaran agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar PAI, bentuk pelaksanaan proses pembelajaran, serta hasil yang dicapai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis dilakukan secara deskriptif-analitis dengan membandingkan fakta di lapangan dengan teori motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar PAI di SMP Negeri Donoharjo dilaksanakan secara terstruktur dengan penggunaan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Guru agama berupaya meningkatkan motivasi siswa melalui pemberian teladan, bimbingan personal, penggunaan media belajar sederhana, serta pemberian penghargaan. Hasil usaha tersebut tampak pada peningkatan kedisiplinan, partisipasi aktif dalam pembelajaran, serta prestasi belajar siswa meskipun belum merata pada semua kelas. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa usaha guru agama memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi PAI. Untuk hasil yang lebih optimal, diperlukan inovasi metode pembelajaran, peningkatan fasilitas belajar, serta perhatian lebih terhadap siswa yang motivasinya rendah.} }