%0 Thesis %9 Skripsi %A Rubiyem, NIM.: 89410754 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 1995 %F digilib:72828 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Aqidah Akhlak, proses belajar mengajar, metode pembelajaran, evaluasi, MAN Laboratorium %P 99 %T PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (TINJAUAN TENTANG MATERI, METODE DAN EVALUASINYA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72828/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya proses belajar mengajar Aqidah Akhlak dalam membentuk sikap dan kepribadian siswa. MAN Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan percontohan memiliki peran strategis dalam pengembangan pembelajaran Aqidah Akhlak, sehingga menarik untuk dikaji dari segi materi, metode, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan materi pembelajaran, metode yang digunakan guru, serta bentuk evaluasi yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru Aqidah Akhlak, siswa, dan pihak sekolah. Analisis data dilakukan dengan membandingkan pelaksanaan di lapangan dengan teori pembelajaran Aqidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi Aqidah Akhlak di MAN Laboratorium disusun sesuai kurikulum Departemen Agama dengan tambahan materi kontekstual yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Metode yang digunakan guru cukup bervariasi, meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, serta keteladanan. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara komprehensif melalui ulangan harian, tugas, ujian semester, serta penilaian sikap dan praktik akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa proses belajar mengajar Aqidah Akhlak di MAN Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga telah berjalan cukup efektif, meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan sarana, perbedaan kemampuan siswa, dan perlunya inovasi metode pembelajaran. Upaya perbaikan dapat dilakukan melalui penyediaan fasilitas pendukung, pelatihan guru, serta pengembangan metode yang lebih kreatif dan aplikatif. %Z Drs. Suharto - Disertasi