%0 Thesis %9 Skripsi %A Fossi Arista, NIM.: 20104030061 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72857 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Anak Usia Dini, SPS Waluyo, Implementasi, Faktor Pembiasaan %P 218 %T PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA DINI DI SPS (SATUAN PAUD SEJENIS) WALUYO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72857/ %X Pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sangat penting dalam pendidikan anak usia dini, karena membantu anak mengembangkan kesadaran menjaga kesehatan diri dan lingkungan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan faktor-faktor yang memengaruhi pembiasaan PHBS pada anak usia dini di SPS Waluyo. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 14 anak usia dini sebagai subjek. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas, dan wali murid, serta dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembiasaan PHBS di SPS Waluyo dilakukan melalui tiga pendekatan utama: Integrasi Kurikulum (materi PHBS diajarkan sesuai usia melalui praktik langsung dan media edukatif oleh guru terlatih), Penyediaan Lingkungan dan Sumber Daya (fasilitas memadai dan media edukasi), serta Pemberian Penghargaan dan Teladan Guru (apresiasi untuk motivasi anak dan guru sebagai model aktif). Faktor pendukung keberhasilan meliputi Guru Aktif sebagai teladan, Fasilitas Higienis, Program Terstruktur yang terintegrasi dalam kurikulum, Lingkungan Sosial Positif, dan Dukungan Orang Tua yang konsisten. Namun, terdapat juga faktor penghambat, yaitu Orang Tua yang Memanjakan (menghambat kemandirian anak) dan Perbedaan Perkembangan Anak yang membutuhkan pendekatan personal. Kata Kunci : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Anak Usia Dini, SPS Waluyo, Implementasi, Faktor Pembiasaan. %Z Dr. Lailatu Rohmah, M.S.I