%A NIM.: 21104010065 Tiara Arifiani %O Indriyani Ma`rifah M.Pd.I. %T UPAYA MADRASAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA : STUDI KASUS DI MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025 %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah konflik keagamaan yang banyak terjadi di Indonesia, umumnya dipicu adanya sikap keberagamaan yang ekslusif, serta adanya kontestasi antar kelompok agama dalam meraih dukungan umat yang tidak dilandasi sikap toleran, pada konteks pendidikan di MAN 2 Bantul upaya madrasah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa menjadi sebuah aspek krusial yang memunculkan beberapa pertanyaan penting. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang telah dilakukan oleh MAN 2 Bantul dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi non-partisipasi, teknik wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah, dipilih lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik atau metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya madrasah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di MAN 2 Bantul sudah berjalan secara sistematis. Beberapa upaya telah dilaksanakan seperti membentuk kebijakan madrasah terkait moderasi beragama, penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui peran guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas, melakukan sosialisasi terkait moderasi beragama, upacara bendera sebagai bentuk cinta tanah air, kegiatan sosial yang mendukung nilai-nilai moderasi beragama, dan kegiatan keagamaan yang mendukung nilai-nilai moderasi beragama. Respon siswa terhadap upaya yang sudah dilakukan madrasah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama terlihat cukup baik. Hal ini ditandai dengan keberhasilan siswa dalam implementasi nilai-nilai moderasi beragama melalui interaksi dengan teman yang memiliki latar belakang yang berbeda, adanya sikap peduli dan ramah budaya. Kata kunci : upaya, madrasah, nilai, moderasi beragama, siswa %K upaya, madrasah, nilai, moderasi beragama, siswa %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72858