%0 Thesis %9 Skripsi %A Siti Maziyah, NIM.: 89421009 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 1995 %F digilib:72859 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Usaha Guru, Bahasa Arab, Prestasi Belajar, MTsN Klaten %P 109 %T STUDI TENTANG USAHA-USAHA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KLATEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72859/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis usaha-usaha yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Klaten. Fokus penelitian ini adalah pada metode dan strategi pengajaran yang diterapkan, hambatan yang dihadapi guru, serta dampak dari usaha-usaha tersebut terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang mendalam mengenai proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut. Data dikumpulkan dari guru bahasa Arab, siswa, dan dokumen-dokumen terkait prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Arab di MTsN Klaten melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan prestasi belajar, antara lain dengan menggunakan metode pengajaran yang bervariasi, memanfaatkan media pembelajaran yang relevan, serta memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa kendala seperti kurangnya sarana dan prasarana serta perbedaan tingkat kemampuan siswa. Secara keseluruhan, usaha-usaha yang dilakukan oleh guru dinilai efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. %Z Drs. Muallif Syahlani - Digitalisasi