@mastersthesis{digilib72872, month = {July}, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 2320401032 Tina Melinda Tamba}, year = {2025}, note = {Prof. Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag,}, keywords = {Penggunaan, Infografis, Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Pendidikan Pancasila}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72872/}, abstract = {Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengunaan media infografis, kevalidan media infografis, dan keefektifan hasil penggunaan media infografis untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kemaandirian belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 MI Al-Huda Karangnongko. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain yang digunakan adalah Non Randomized Control Pre Test Post Test Disignh dan melibatkan dua variable yaitu variable bebas dan variable terikat, variable bebas yaitu media infografis dan variable terikat yaitu kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah. Subjek pada penelitian ini adalah kelas 20 siswa kelas IV A dan 21 siswa kelas IV B MI Al-Huda Karangnongko berjumlah 41 siswa.. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari efektifitas penggunaan media infografis dalam pendidikan pancasila, aktifitas peserta didik dalam pembelajaran pendidikan pancasila. Pembelajaran dikatakan berhasil jika penggunaan media infografis sesuai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data peningkatan kecerdasan emosional dan kemandirian belajar yang dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan berganda dan angket. Hasil analisis statistik deskriptif penggunaan media infografis terhadap kefektifan belajar siswa positif, kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada sebelum menggunakan media infografis. Hasil analisis menggunakan rumus uji mann way dan N-Gain 82,91\% berada dikategori efektif untuk kecerdasan emosional sedangkan kemandirian belajar 57,68 \% dikategori cukup efektif. Hasil uji independent sampel t test menunjukkan bahwa nila signifikan yang diperoleh adalah 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, berarti terdapat perbedaan rata-rata antara hasil kecerdasan emosional dan kemadirian belajar siswa untuk kelompok eksperimen ( media infografis) dan kelompok kontrol (konvensional). Dengan demikian dapat dikatan bahwa media infografis lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Penggunaan, Infografis, Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Pendidikan Pancasila} }