<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO"^^ . "Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengunaan media infografis, kevalidan\r\nmedia infografis, dan keefektifan hasil penggunaan media infografis untuk meningkatkan\r\nkecerdasan emosional dan kemaandirian belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas\r\n4 MI Al-Huda Karangnongko.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain yang digunakan\r\nadalah Non Randomized Control Pre Test Post Test Disignh dan melibatkan dua variable yaitu\r\nvariable bebas dan variable terikat, variable bebas yaitu media infografis dan variable terikat\r\nyaitu kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah. Subjek pada\r\npenelitian ini adalah kelas 20 siswa kelas IV A dan 21 siswa kelas IV B MI Al-Huda\r\nKarangnongko berjumlah 41 siswa.. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik\r\nobservasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi.\r\nKeberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari efektifitas penggunaan media infografis\r\ndalam pendidikan pancasila, aktifitas peserta didik dalam pembelajaran pendidikan pancasila.\r\nPembelajaran dikatakan berhasil jika penggunaan media infografis sesuai. Teknik pengumpulan\r\ndata yang digunakan adalah data peningkatan kecerdasan emosional dan kemandirian belajar\r\nyang dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan berganda dan angket.\r\nHasil analisis statistik deskriptif penggunaan media infografis terhadap kefektifan belajar\r\nsiswa positif, kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa menunjukkan hasil yang lebih\r\nbaik dari pada sebelum menggunakan media infografis. Hasil analisis menggunakan rumus uji\r\nmann way dan N-Gain 82,91% berada dikategori efektif untuk kecerdasan emosional sedangkan\r\nkemandirian belajar 57,68 % dikategori cukup efektif. Hasil uji independent sampel t test\r\nmenunjukkan bahwa nila signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05, berarti terdapat\r\nperbedaan rata-rata antara hasil kecerdasan emosional dan kemadirian belajar siswa untuk\r\nkelompok eksperimen ( media infografis) dan kelompok kontrol (konvensional). Dengan\r\ndemikian dapat dikatan bahwa media infografis lebih efektif digunakan dalam proses\r\npembelajaran.\r\nKata kunci: Penggunaan, Infografis, Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Pendidikan\r\nPancasila"^^ . "2025-07-21" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 2320401032"^^ . "Tina Melinda Tamba"^^ . "NIM.: 2320401032 Tina Melinda Tamba"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO (Text)"^^ . . . . . "23204081032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #72872 \n\nEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MI AL-HUDA KARANGNONGKO\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .