%A NIM.: 23204081025 Mokhammad Rizqi Zidane %O Dr. Murtono, M.Si. %T EFEKTIVITAS MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPAS %X Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe pretest-posttest control group design. Sampel terdiri atas 62 siswa kelas IV yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (n = 31) dan kelas kontrol (n = 31). Instrumen penelitian berupa tes literasi sains. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-test, dan perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan literasi sains siswa di kelas eksperimen. Nilai rata-rata N-Gain untuk literasi sains sebesar 0,67 (kategori sedang) dan motivasi belajar sebesar 0,72 (kategori tinggi). Sementara itu, kelas kontrol menunjukkan nilai N-Gain yang lebih rendah, masing-masing sebesar 0,35 dan 0,41. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terbukti secara signifikan lebih efektif dibandingkan model konvensional dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat dijadikan alternatif strategis dalam pembelajaran IPAS untuk menciptakan proses belajar yang aktif, bermakna, dan berorientasi pada pengembangan keterampilan abad ke-21. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, IPAS, Pendidikan Dasar %K Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, IPAS, Pendidikan Dasar %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72873