eprintid: 7290 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/72/90 datestamp: 2013-04-19 14:21:42 lastmod: 2016-01-26 06:45:08 status_changed: 2013-04-19 14:21:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI AHIDIYAH, NIM. 07600011 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang belum terbiasa menyelesaikan soal pemecahan masalah, sehingga kemampuan penyelesaian masalah masih rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat yang dapat mempermudah siswa menyelesaikan permasalahan matematika. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika yang menggunakan strategi REACT (Relating, Expeiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang menggunakan metode ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) yang menggunakan desain kelompok kontrol non-ekuivalen pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan subjek kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi REACT efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan strategi belajar REACT lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional (ekspositori) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian dilihat dari 4 aspek yaitu memahami masalah, menyusun strategi, menjalankan strategi, dan memeriksa hasil yang diperoleh yang semuanya efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kata kunci : efektivitas, strategi REACT, kemampuan pemecahan masalah date: 2013-02-05 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: PENDIDIKAN MATEMATIKA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SITI AHIDIYAH, NIM. 07600011 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7290/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7290/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf