<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI"^^ . "Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik adalah lembaran kerja dalam\r\nbentuk digital dan game yang berisi tugas-tugas dan aktivitas yang dirancang\r\nuntuk membantu peserta didik memahami materi pembelajaran: (1) mengetahui\r\nkualitas E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri untuk\r\nmeningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPAS\r\nharmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar; (2) mengetahui\r\nkepraktisan E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri\r\nuntuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran\r\nIPAS harmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar; (3) mengetahui\r\nefektivitas E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri\r\nuntuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran\r\nIPAS harmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar\r\nPenelitian pengembangan ini mengadaptasi model ADDIE yang terdiri\r\ndari 5 langkah yaitu analysis, design, development, implementation dan\r\nevaluation. Produk diuji kualitasnya oleh ahli media dan ahli materi. Subjek uji\r\ncoba melibatkan 27 orang peserta didik. Pengumpulan data menggunakan analisis\r\ndeskriptif dan Uji Paired Sampel T-Test Pretest dan Posttest. Uji coba dilakukan\r\ndi SD Negeri Maguwoharjo 1, Yogyakarta.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) kualitas E-LKPD IPAS\r\ndilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan\r\nketerampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPAS harmoni dalam\r\nekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar sangat baik, hal ini dilihat dari validasi\r\nahli media menunjukkan kategori sangat layak dengan nilai 97% dan berdasarkan\r\nvalidasi ahli materi menunjukkan kategori layak dengan nilai 80%. respon guru\r\nmenunjukkan kategori sangat layak dengan mendapatkan nilai 92% dan respon\r\npeserta didik menunjukkan kategori sangat layak dengan mendapatkan nilai 96%,\r\n(2) kepraktisan E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan\r\ninkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata\r\npelajaran IPAS harmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar 96%\r\nproduk E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri\r\nberhasil di kembangkan. E-LKPD berisi menu Petunjuk penggunaan E-LKPD,\r\nCapaian pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Tugas, Evaluasi, dan Profil\r\npengembang. Menu tugas petunjuk pengerjaan, narasi animasi, dan tiga game\r\nedukatif (game drag and drrop rantai makanan, game kartu, dan game puzzle\r\nmenjaga ekosistem) menggunakan sistem drag and drop. Menu evaluasi\r\nmenyediakan soal pilihan ganda dengan umpan balik langsung otomatis penilaian,\r\n(3) efektivitas E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri\r\nuntuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran\r\nix\r\nIPAS harmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar N-gain 0,74\r\ndalam kategori tinggi sedangkan hasil uji Paired Sampel T-Test pada keterampilan\r\nberpikir tingkat tinggi kelas pretest dengan nilai 29,81 pada peserta didik.\r\nKemudian terdapat kenaikan nilai rata-rata sebesar 81,66 kelas posttest. Nilai\r\nAsymp.Sig.(2-tailed) keterampilan berpikir tingkat tinggi sebesar 0,000 yang\r\nberarti terdapat perbedaan hasil keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas pretest\r\ndan posttest sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan E-LKPD\r\nIPASdilengkapi game edukatif dengan pendekatan Inkuiri\r\nKata Kunci: E-LKPD, Game Edukatif, Pendekatan Inkuiri, Ketrampilan Berpikir\r\nTingkat Tinggi (HOTS)."^^ . "2025-07-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 23204081014"^^ . "Mutiara Indah"^^ . "NIM.: 23204081014 Mutiara Indah"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Text)"^^ . . . . . "23204081014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF\r\nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #72901 \n\nPENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF \nDENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN \nKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .