TY - THES N1 - Dr. Murtono, M.Si. ID - digilib72901 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72901/ A1 - Mutiara Indah, NIM.: 23204081014 Y1 - 2025/07/15/ N2 - Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik adalah lembaran kerja dalam bentuk digital dan game yang berisi tugas-tugas dan aktivitas yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami materi pembelajaran: (1) mengetahui kualitas E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPAS harmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar; (2) mengetahui kepraktisan E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPAS harmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar; (3) mengetahui efektivitas E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPAS harmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Produk diuji kualitasnya oleh ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba melibatkan 27 orang peserta didik. Pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif dan Uji Paired Sampel T-Test Pretest dan Posttest. Uji coba dilakukan di SD Negeri Maguwoharjo 1, Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) kualitas E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPAS harmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar sangat baik, hal ini dilihat dari validasi ahli media menunjukkan kategori sangat layak dengan nilai 97% dan berdasarkan validasi ahli materi menunjukkan kategori layak dengan nilai 80%. respon guru menunjukkan kategori sangat layak dengan mendapatkan nilai 92% dan respon peserta didik menunjukkan kategori sangat layak dengan mendapatkan nilai 96%, (2) kepraktisan E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPAS harmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar 96% produk E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri berhasil di kembangkan. E-LKPD berisi menu Petunjuk penggunaan E-LKPD, Capaian pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Tugas, Evaluasi, dan Profil pengembang. Menu tugas petunjuk pengerjaan, narasi animasi, dan tiga game edukatif (game drag and drrop rantai makanan, game kartu, dan game puzzle menjaga ekosistem) menggunakan sistem drag and drop. Menu evaluasi menyediakan soal pilihan ganda dengan umpan balik langsung otomatis penilaian, (3) efektivitas E-LKPD IPAS dilengkapi game edukatif dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran ix IPAS harmoni dalam ekosistem fase C kelas V di Sekolah Dasar N-gain 0,74 dalam kategori tinggi sedangkan hasil uji Paired Sampel T-Test pada keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas pretest dengan nilai 29,81 pada peserta didik. Kemudian terdapat kenaikan nilai rata-rata sebesar 81,66 kelas posttest. Nilai Asymp.Sig.(2-tailed) keterampilan berpikir tingkat tinggi sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan hasil keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas pretest dan posttest sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan E-LKPD IPASdilengkapi game edukatif dengan pendekatan Inkuiri Kata Kunci: E-LKPD, Game Edukatif, Pendekatan Inkuiri, Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - E-LKPD KW - Game Edukatif KW - Pendekatan Inkuiri KW - Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). M1 - masters TI - PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS DILENGKAPI GAME EDUKATIF DENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI AV - restricted EP - 290 ER -