eprintid: 7291 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/72/91 datestamp: 2013-04-19 14:34:17 lastmod: 2016-03-04 04:15:10 status_changed: 2013-04-19 14:34:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI MA’RIFAH, NIM. 0868001 title: Efektifitas Penerapan Metode Talking Stick dengan Media Power point Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas VIII di MTs Ibnull Qoyyim Putri ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) keefektifan penerapan metode Talking Stick dengan media Power Point terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putri pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia (2) keefektifan penerapan metode Talking Stick dengan media Power Point terhadap peningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putri pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ekperimen semu (Quasi Eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Ibnull Qoyyim Putri. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putri yang terdiri dari 2 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data penelitian dianalisis dengan SPSS 16,0 for Windows. Uji t-test digunakan untuk menganalisis hasil belajar siswa dan uji Mann Whitney U untuk menganalisis data motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan metode Talking Stick dengan media Power Point efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putri Berbah Sleman Yogyakarta pada pembelajaran IPA Biologi materi sistem pencernaan makanan pada manusia, dengan rata-rata nilai post test pada kelompok eksperimen sebesar 79,79 dan dengan nilai t hitung sebesar 2,939 ( > 2,315). (2) Penerapan metode Talking Stick dengan media Power Point efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putri Berbah Sleman Yogyakarta pada pembelajaran IPA Biologi materi sistem pencernaan makanan pada manusia, dengan nilai Uji Mann Whiteny U 149 (< 682,50) dan nilai (1 - p-value) sebesar 0,002 (< 0,05). Kata Kunci: Talking Stick, Power Point, hasil belajar, motivasi date: 2013-01-25 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SITI MA’RIFAH, NIM. 0868001 (2013) Efektifitas Penerapan Metode Talking Stick dengan Media Power point Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas VIII di MTs Ibnull Qoyyim Putri. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7291/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7291/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf