@mastersthesis{digilib72911, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KAL{\=A}M BERBASIS MULTIMEDIA PADA PROGRAM UNGGULAN BAHASA ARAB DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 23204021035 Zulfa Tsalitsatul Muna}, year = {2025}, note = {Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.Si.}, keywords = {Modul Pembelajaran, Maharah Kal{\=a}m, Multimedia.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72911/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya modul pembelajaran dalam Program Unggulan Bahasa Arab (Mum{\=a}rasah) di MA Ali Maksum Yogyakarta. Program ini bertujuan untuk eningkatkan mah{\=a}rah kal{\=a}m siswa melalui pembelajaran intensif yang sesuai dengan jenjang kemampuan siswa. Selama ini, tentor hanya dibekali tema-tema pembelajaran tanpa acuan materi yang seragam, sehingga terjadi perbedaan isi pembelajaran antar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kal{\=a}m berbasis multimedia, menguji validitasnya, serta mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan mah{\=a}rah kal{\=a}m siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R\&D) dengan model ADDIE yan g terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas I?dad yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen sebanyak 20 siswa yang menggunakan modul dan kelas kontrol sebanyak 14 siswa yang tidak menggunakan modul. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 25 dan perhitungan nilai N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Modul pembelajaran kal{\=a}m berbasis multimedia yang dikembangkan berjudul ?Mum{\=a}rasatun{\=a}?, dilengkapi dengan QR code yang memuat audio pelafalan mufrad{\=a}t, video animasi {\d h}iw{\=a}r, dan game interaktif Wordwall. 2) Hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan tentor menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori ?sangat layak? untuk digunakan dalam pembelajaran. 3) Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan signifikan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dari 38,39 menjadi 68,24, dengan nilai N-gain sebesar 0,46 dalam kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol hanya mengalami peningkatan dari 43,85 menjadi 48,09 dengan peningkatan yang tidak signifikan (p =0,230). Uji paired sample t-test kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p {\ensuremath{<}} 0,05), menandakan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan modul. Dengan demikian, modul ?Mum{\=a}rasatun{\=a}? berbasis multimedia ini terbukti valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung pengembangan mah{\=a}rah kal{\=a}m siswa dalam PU Mum{\=a}rasah MA Ali Maksum Yogyakarta. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Maharah Kal{\=a}m, Multimedia.} }