eprintid: 72911 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/29/11 datestamp: 2025-09-15 07:26:56 lastmod: 2025-09-15 07:26:56 status_changed: 2025-09-15 07:26:56 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Zulfa Tsalitsatul Muna, NIM.: 23204021035 title: PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KALĀM BERBASIS MULTIMEDIA PADA PROGRAM UNGGULAN BAHASA ARAB DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: teo_pen divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Modul Pembelajaran, Maharah Kalām, Multimedia. note: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.Si. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya modul pembelajaran dalam Program Unggulan Bahasa Arab (Mumārasah) di MA Ali Maksum Yogyakarta. Program ini bertujuan untuk eningkatkan mahārah kalām siswa melalui pembelajaran intensif yang sesuai dengan jenjang kemampuan siswa. Selama ini, tentor hanya dibekali tema-tema pembelajaran tanpa acuan materi yang seragam, sehingga terjadi perbedaan isi pembelajaran antar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kalām berbasis multimedia, menguji validitasnya, serta mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan mahārah kalām siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yan g terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas I’dad yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen sebanyak 20 siswa yang menggunakan modul dan kelas kontrol sebanyak 14 siswa yang tidak menggunakan modul. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 25 dan perhitungan nilai N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Modul pembelajaran kalām berbasis multimedia yang dikembangkan berjudul “Mumārasatunā”, dilengkapi dengan QR code yang memuat audio pelafalan mufradāt, video animasi ḥiwār, dan game interaktif Wordwall. 2) Hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan tentor menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori “sangat layak” untuk digunakan dalam pembelajaran. 3) Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan signifikan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dari 38,39 menjadi 68,24, dengan nilai N-gain sebesar 0,46 dalam kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol hanya mengalami peningkatan dari 43,85 menjadi 48,09 dengan peningkatan yang tidak signifikan (p =0,230). Uji paired sample t-test kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), menandakan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan modul. Dengan demikian, modul “Mumārasatunā” berbasis multimedia ini terbukti valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung pengembangan mahārah kalām siswa dalam PU Mumārasah MA Ali Maksum Yogyakarta. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Maharah Kalām, Multimedia. date: 2025-08-29 date_type: published pages: 165 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: mphil citation: Zulfa Tsalitsatul Muna, NIM.: 23204021035 (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KALĀM BERBASIS MULTIMEDIA PADA PROGRAM UNGGULAN BAHASA ARAB DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72911/1/23204021035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72911/2/23204021035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf