%0 Thesis %9 Masters %A Sarah Almaulidia, NIM.: 22204021027 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:72929 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Pembelajaran, Mahārah Qirā’ah, Model RADEC. %P 182 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHĀRAH QIRĀ’AH DENGAN MODEL RADEC UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KULON PROGO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72929/ %X Penelitian ini berlatar belakang dari beberapa permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Kulon Progo, yaitu siswa masih kesulitan dan kurangnya aktif dalam pembelajaran mahārah qirā’ah, yang disebabkan beban materi yang tinggi, serta keterbatasan media pembelajaran digital. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Mengembangkan media, 2) Menguji kelayakan media, dan 3) Mengukur efektivitas media pembelajaran mahārah qirā’ah dengan model RADEC untuk siswa kelas X MAN 2 Kulon Progo. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Media dikembangkan menggunakan platform Smart App Creator (SAC) berbasis model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) yang terintegrasi dengan elemen multimedia seperti teks, gambar, audio, video, dan tautan eksternal. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN 2 Kulon Progo. Data dikumpulkan melalui kuesioner, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis menggunakan Independent Sample t-Test dan N-Gain Score. Hasil penelitian ini berupa: 1) Media pembelajaran mahārah qirā’ah dengan model RADEC. 2) Hasil validasi ahli materi sebesar 84% (kategori layak), ahli media sebesar 94% (kategori sangat layak), respon siswa sebesar 78,50% (kategori baik), dan respon guru sebesar 72,36% (kategori baik). 3) Hasil uji Independent Sample t-Test menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan nilai ([< 0,001] < 0,05). Demikian juga dengan hasil uji N-Gain Score sebesar 0,76 atau 76% dalam kategori "tinggi". Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mahārah qirā’ah dengan model RADEC terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan pemahaman mahārah qirā’ah pada siswa kelas X MAN 2 Kulon Progo, serta mampu menumbuhkan keterlibatan siswa secara aktif sesuai prinsip pembelajaran abad ke-21. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mahārah Qirā’ah, Model RADEC. %Z Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag.