TY - THES N1 - Dr. Muqowim, S.Ag., M.Ag. ID - digilib72939 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72939/ A1 - Sugesti Riza Nor Aida, NIM.: 21204012045 Y1 - 2025/08/12/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pembentukan karakter siswa, khususnya karakter tanggung jawab, di era disrupsi dan digitalisasi yang diperparah oleh kebijakan sistem zonasi sekolah. Sebagai respons, SMP Negeri 1 Sumobito Kabupaten Jombang mengimplementasikan program Madrasah Diniyah yang berfokus pada pembiasaan karakter tanggung jawab berbasis multiple intelligences (MI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang penerapan pembiasaan karakter tanggung jawab berbasis multiple intelligences di SMP Negeri 1 Sumobito, mendeskripsikan pelaksanaannya dalam perspektif Howard Gardner, dan menganalisis hasilnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih secara purposive, terdiri dari 6 orang informan: kepala sekolah, 1 guru Bimbingan Konseling (BK), 1 guru muatan lokal Diniyah, dan 3 siswa dari kelas yang berbeda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Madrasah Diniyah di SMP Negeri 1 Sumobito berhasil diterapkan melalui tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan mencakup penetapan tujuan untuk mencetak generasi Rabbani berakhlak mulia dan mengintegrasikan konsep MI. Tahap pelaksanaan menerapkan delapan jenis kecerdasan siswa secara kreatif untuk membiasakan karakter tanggung jawab dalam aspek akidah, akhlak, dan ibadah. Tahap evaluasi dilakukan secara internal (untuk mengukur pemahaman siswa) dan eksternal (untuk menilai kompetensi guru). Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan karater tanggung jawab siswa yang dilihat dari lima dimensi kepribadian utama siswa berdasarkan teori Big Five Personality Traits (OCEAN), yaitu Openness to Experience, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Emotional Stability. Sebagai rekomendasi, disarankan agar sekolah meningkatkan pelatihan bagi guru terkait metode pengajaran berbasis multiple intelligences, dan pemerintah daerah memberikan dukungan tambahan berupa modul pembelajaran dan supervisi berkala untuk menjamin keberlanjutan program. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab, Multiple Intelligences, Madrasah Diniyah, Big Five Personality Traits. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Karakter KW - Tanggung Jawab KW - Multiple Intelligences KW - Madrasah Diniyah KW - Big Five Personality Traits M1 - masters TI - PEMBIASAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 SUMOBITO KABUPATEN JOMBANG AV - restricted EP - 173 ER -