TY - THES N1 - Drs. Edi Prayitno, M.Pd - Digitalisasi ID - digilib72980 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72980/ A1 - Haniah Budiastuti, NIM.: 04862678 Y1 - 1995/07/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan memahami ide dasar dalam mempermudah siswa menguasai konsep peluang, menyumbangkan pemikiran dalam pengembangan pendidikan matematika, serta mengungkapkan alternatif sumber belajar yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran matematika khususnya materi peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu dengan menuturkan, menganalisis, mengklasifikasi, serta menafsirkan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep-konsep tertentu dalam matematika dapat diamati dan dijelaskan melalui permainan seperti dadu, mata uang, kelereng, dan bridge. Melalui permainan, konsep peluang lebih mudah dipahami, diminati, dan terasa menyenangkan bagi siswa sehingga meningkatkan keaktifan belajar. Dengan perancangan yang tepat, permainan dapat menjadi alternatif sumber belajar yang efektif dalam pembelajaran peluang di tingkat SMP sesuai kurikulum tahun 1984. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - sumber belajar; materi peluan; SMP M1 - skripsi TI - PERMAINAN DADU, MATA UANG, KELERENG, BRIDGE SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MATERI PELUANG DI SMP BERDASARKAN KURIKULUM TAHUN 1984 AV - restricted EP - 94 ER -