eprintid: 72993 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/29/93 datestamp: 2025-09-17 04:46:57 lastmod: 2025-09-17 04:46:57 status_changed: 2025-09-17 04:46:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Anis, NIM.: 18103070097 title: ANALISIS PENERAPAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN KABUPATEN SUMENEP PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (STUDI KASUS DESA KALEBENGAN KECAMATAN RUBARU) ispublished: pub subjects: 342 divisions: tata_negara full_text_status: restricted keywords: Fiqih Siyasah, Good Givernance, Pelayanan Publik note: Dr. Ahmad Yani Anshori, M.Ag. abstract: Desa Kalebengan, Kecamatan Rubaru merupakan salah satu desa di Kabupaten Sumenep yang dianggap membutuhkan perbaikan baik dalam aspek pelayanan publik yang tidak sesuai dengan prinsip pemerintahan yang baik. Misalnya transparansi keuangan, seharusnya mengenai transparansi pengguanaan anggaran desa dipublis melalui baliho dan lain sebagainya. Tetapi pada faktanya desa Kalebengan tidak melakukan hal tersebut, oleh karena itu masyarakat tidak mengetahui sejauh mana penggunaan anggaran desa. Selain itu, pelayanan yang diberikan cukup lambat mengenai administrasi, misalnya dalam mengeluarkan surat keterangan dan sebagainya. Dengan demikian penelitian unu bertujuan untuk menjawab Bagaimana penerapan good governance pada pelayanan publik di Kantor Desa Kalebengan Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep? Dan Bagaimana pelayanan publik di Kantor Desa Kalebengan Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep perspektif fiqh siyasah? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan prinsip good governance di Desa Kalebengan masih belum berjalan optimal. Rendahnya partisipasi masyarakat, ketidakmerataan akses informasi, serta akuntabilitas pelayanan yang belum sepenuhnya mampu memenuhi kebutuhan dasar warga menjadi tantangan utama. Selain itu, efektivitas pelayanan publik terhambat oleh keterbatasan sarana dan prasarana, sementara efisiensi belum tercapai karena pemanfaatan sumber daya yang ada kurang maksimal. Pelayanan publik di Desa Kalebengan masih menghadapi berbagai kendala yang menghambat penerapan prinsip-prinsip utama fiqih siyasah, yaitu kemaslahatan umum (maslahah ‘ammah), pencegahan kemudaratan (mafsadah), pertanggungjawaban (mas’uliyyah), dan keadilan (‘adalah). Rendahnya partisipasi masyarakat, keterbatasan sarana dan prasarana, serta distribusi informasi yang belum merata menjadi faktor utama yang membuat pelayanan belum optimal dan belum sepenuhnya selaras dengan amanah syariat. date: 2025-08-19 date_type: published pages: 106 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Anis, NIM.: 18103070097 (2025) ANALISIS PENERAPAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN KABUPATEN SUMENEP PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (STUDI KASUS DESA KALEBENGAN KECAMATAN RUBARU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72993/1/18103070097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72993/2/18103070097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf