%A NIM.: 04863121 Solekhun %O Drs. Abdul Shomad, M.A - Digitalisasi %T PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KORELASINYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta korelasinya dengan prestasi belajar PAI di SMPN Watumalang Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dipakai untuk mendeskripsikan hasil penelitian secara naratif, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data berupa angka melalui perhitungan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMPN Watumalang dilaksanakan sesuai kurikulum dengan tenaga pendidik yang memenuhi kualifikasi. Persepsi siswa terhadap mata pelajaran PAI sebagian besar berada pada kategori cukup baik (34,44%), diikuti kategori baik (31,11%), kurang baik (25,55%), baik sekali (5,55%), dan sangat tidak baik (3,33%). Sementara itu, prestasi belajar PAI siswa menunjukkan kategori baik sebesar 43,33% dan kategori cukup sebesar 56,67%. Analisis statistik membuktikan adanya korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa dengan prestasi belajar PAI, dengan nilai phi (φ) = 0,485 yang lebih tinggi dari r tabel pada taraf signifikansi 5% (0,205) maupun 1% (0,267). Dengan demikian, semakin baik persepsi siswa terhadap Pendidikan Agama Islam, semakin baik pula prestasi belajarnya. %K persepsi siswa, Pendidikan Agama Islam, prestasi belajar %D 1996 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib72997