TY - THES N1 - Drs. Sadjad Harjanto ID - digilib73001 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73001/ A1 - Khairuddin Hasibuan, NIM.: 04873872 Y1 - 1994/01/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pengajaran reading comprehension, mengukur kemampuan siswa dalam memahami bacaan berbahasa Inggris, serta mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar di SMA Sulaiman Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif untuk mendeskripsikan sejauh mana siswa memahami pelajaran bahasa Inggris, serta analisis kuantitatif untuk mengolah data nilai prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru dalam mengajar reading comprehension meliputi tanya jawab, ceramah, dan kerja kelompok. Namun, metode ini belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman GBPP yang menganjurkan ceramah, latihan lisan dan tertulis, serta penugasan. Berdasarkan hasil tes, rata-rata nilai siswa adalah 6,775, yang menunjukkan bahwa pengajaran reading comprehension tergolong cukup berhasil. Meski demikian, pelaksanaan pengajaran bahasa Inggris di SMA Sulaiman belum menerapkan sistem Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), sehingga perlu pengembangan metode yang lebih variatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - reading comprehension; metode pembelajaran; CBSA. M1 - skripsi TI - PENGAJARAN READING COMPREHENSION DI SMA SULAIMAN SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 111 ER -