TY - THES N1 - Drs. H. Muallief Sahlany - Digitalisasi ID - digilib73003 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73003/ A1 - Ahmad Ro?is, NIM.: 04874124 Y1 - 1994/08/06/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Al-Qur?an-Hadits pada siswa kelas I MTs Al-Kamal Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Fokus penelitian ini meliputi pengaruh latar belakang pendidikan siswa yang berbeda, faktor-faktor kesulitan yang dialami guru, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan induktif, yaitu menghimpun fakta-fakta di lapangan untuk kemudian ditarik kesimpulan umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan latar belakang pendidikan siswa (antara lulusan SD dan Madrasah Ibtidaiyah) menimbulkan kesulitan bagi guru Al-Qur?an-Hadits dalam proses pembelajaran. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi kesulitan tersebut antara lain: banyak siswa belum mampu membaca dan menulis huruf Al-Qur?an, rendahnya motivasi orang tua, minimnya buku pegangan siswa, serta kurangnya kesadaran belajar di rumah. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru melakukan berbagai upaya, antara lain menyelenggarakan sekolah sore (madrasah diniyah), mengidentifikasi kesulitan belajar siswa, memberikan tugas kurikuler, memotivasi siswa, serta menjalin komunikasi dengan orang tua agar lebih peduli terhadap pendidikan agama anak. Upaya-upaya ini terbukti membantu memperbaiki proses pembelajaran meskipun masih terdapat kendala yang perlu perhatian lebih lanjut. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - problematika belajar; MTs Al-Kamal; prestasi belajar M1 - skripsi TI - STUDI TENTANG PROBLEMATIKA PROSES BELAJAR MENGAJAR AL-QUR?AN-HADITS SISWA KELAS 1 MTS AL-KAMAL DI KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL AV - restricted EP - 117 ER -