eprintid: 73006 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/30/06 datestamp: 2025-09-17 06:36:02 lastmod: 2025-09-17 06:36:02 status_changed: 2025-09-17 06:36:02 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Farhan Yahya Mahendra, NIM.: 21104090020 title: PERAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS DIGITAL DI MTSN 9 SLEMAN ispublished: pub subjects: manj_pend divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: EMIS, Administrasi, Mutu Layanan note: Dr. Ir. Sumarsono, S.T., M.Kom. abstract: Lembaga pendidikan, termasuk madrasah, dituntut untuk beradaptasi dengan sistem pengelolaan data yang efisien dan akuntabel. Implementasi Education Management Information System (EMIS) di MTsN 9 Sleman memberikan dampak positif dalam mendukung administrasi madrasah, terutama melalui integrasi dengan sistem lain. Namun, kendala seperti penguasaan operator yang terbatas, serta masalah teknis pada server EMIS, menjadi tantangan yang dapat mempengaruhi efisiensi dan mutu layanan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik implementasi EMIS yang diterapkan oleh MTsN 9 Sleman serta menganalisis secara mendalam bagaimana EMIS berperan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi yang ditandai oleh aspek akurasi data, efisiensi waktu, dan relevansi informasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan konkret dan rekomendasi praktis bagi MTsN 9 Sleman dalam mengoptimalkan EMIS, mengatasi kendala, dan meningkatkan mutu layanan administrasi berbasis digital secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berupaya memahami fenomena yang terjadi pada subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu yang mengetahui, memahami, dan mengalami dampak implementasi EMIS. Responden penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, operator madrasah, kepala bagian TU, dan Waka Kurikulum. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi EMIS di MTsN 9 Sleman telah melalui tahapan manajemen yang sistematis, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengawasan. Proses ini didukung oleh integrasi sistem dan tim pengelola, namun dihadapkan pada tantangan penguasaan operator dan kendala server. Meskipun demikian, EMIS dinilai telah memberikan dampak positif, terutama dalam meningkatkan mutu layanan administrasi. Kualitas layanan administrasi yang terwujud melalui EMIS ini dicirikan oleh: (1) akurasi data yang tinggi melalui fitur validasi, (2) efisiensi waktu dalam pengolahan dan penyebaran informasi, dan (3) relevansi data yang mendukung pengambilan keputusan strategis. Peningkatan pada aspek-aspek ini secara kolektif berkontribusi pada peningkatan mutu layanan administrasi madrasah secara keseluruhan. Kata Kunci: EMIS, Administrasi, Mutu Layanan date: 2025-08-26 date_type: published pages: 185 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Farhan Yahya Mahendra, NIM.: 21104090020 (2025) PERAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS DIGITAL DI MTSN 9 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73006/1/21104090020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73006/2/21104090020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf