@phdthesis{digilib73016, month = {July}, title = {STUDI TENTANG PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN AL-QUR?AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR?AN (TPA) WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA ( TINJAUAN: SISTEM, MATERI DAN METODE )}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 04874140 Ahmad}, year = {1994}, note = {Drs. H. Nazri Syakur, MA. - Digitalisasi}, keywords = {Pendidikan Al-Qur?an; TPA Wukirsari; metode pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73016/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pelaksanaan pendidikan dan pengajaran Al-Qur?an di Taman Pendidikan Al-Qur?an (TPA) Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, khususnya terkait sistem, materi, metode, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan analisis kualitatif, dan pada bagian tertentu dilengkapi dengan analisis kuantitatif. Data diperoleh melalui pengamatan dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk mengetahui kesesuaian teori pendidikan dengan praktik di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan dan pengajaran Al-Qur?an di TPA Wukirsari berjalan baik, dengan capaian hasil belajar yang cukup memuaskan. Sistem pembelajaran yang diterapkan meliputi CBSA (Cara Belajar Santri Aktif), metode privat, dan asistensi. Materi pembelajaran terdiri atas materi pokok (membaca Al-Qur?an dengan buku Iqra?) dan materi penunjang seperti hafalan bacaan sholat, surat pendek, ayat pilihan, menulis huruf Arab, serta kegiatan cerita dan menyanyi. Metode yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, demonstrasi, hafalan, dan latihan, yang mendapat tanggapan positif dari santri. Faktor pendukung meliputi kesiapan guru, motivasi santri, dukungan lingkungan, serta sarana prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat relatif kecil, seperti keterlambatan santri karena bermain dengan teman sebaya, dan dapat diatasi secara internal.} }