TY - THES N1 - Drs. Abd. Shomad, MA. - Digitalisasi ID - digilib73017 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73017/ A1 - Hani' Rasyidah, NIM.: 04874173 Y1 - 1995/08/01/ N2 - Penelitian ini mengkaji perbandingan metode mengajar Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Agama Katolik di sekolah-sekolah dasar Kecamatan Winong, Pati. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode mengajar kedua mata pelajaran agama sesuai dengan kondisi siswa, perbedaan dan persamaan metode yang digunakan guru, serta keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan analisis data yang diperoleh dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk menggunakan variasi metode karena jumlah siswa yang mengikuti cukup banyak, sedangkan guru Pendidikan Agama Katolik lebih mudah menjalin komunikasi timbal balik karena jumlah siswa relatif sedikit sehingga pembelajaran lebih bersifat individual. Dari sisi pencapaian tujuan, pendidikan agama Islam belum sepenuhnya tercapai sesuai GBPP karena kurangnya dukungan kegiatan keagamaan di luar sekolah, sedangkan pendidikan agama Katolik lebih mudah mencapai tujuan karena adanya dukungan kuat dari gereja dan lingkungan masyarakat. Adapun metode yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam meliputi ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, cerita, dan diskusi. Sementara guru Pendidikan Agama Katolik menggunakan metode serupa ditambah dengan mendengarkan lagu dan mengamati gambar. Dengan demikian, terdapat persamaan dalam sebagian besar metode mengajar yang digunakan, namun perbedaan tampak pada variasi tambahan yang lebih kreatif dalam pendidikan agama Katolik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Agama Katolik; metode mengajar M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SEKOLAH-SEKOLAH DASAR KEC. WINONG PATI AV - restricted EP - 131 ER -