@phdthesis{digilib73023, month = {May}, title = {KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN (Studi Tentang Pemikiran Pendidikan Keimanan Prof. Dr. Hamka)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 04874541 Netty Salawati}, year = {1995}, note = {Drs. M.Anies MA -Digitalisasi}, keywords = {beriman kepada Alloh; beriman kepada Malaikat; Pemikiran Hamka}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73023/}, abstract = {Penelitian ini mengkaji konsep pendidikan keimanan menurut Prof. Dr. Hamka. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tujuan, materi, dan metode pendidikan keimanan sebagaimana dipahami dalam pemikiran Hamka. Penelitian ini bersifat kepustakaan dengan menggunakan metode induktif dan deduktif dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pendidikan keimanan menurut Hamka adalah menanamkan pengetahuan tentang sifat-sifat Allah, membimbing manusia ke jalan yang benar, serta menjadi motivator dalam menjalankan ibadah dengan penuh keikhlasan untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat sesuai ajaran Rasulullah. Materi pendidikan keimanan mencakup pokok-pokok ajaran Islam yang berhubungan dengan aspek batin atau kepercayaan pokok dalam agama. Adapun metode pendidikan keimanan menurut Hamka meliputi seni melalui keindahan alam, penguraian ilmiah, pendekatan tasawuf, penggunaan perumpamaan yang mudah dipahami, serta penyampaian cerita-cerita nabi dan pengalaman pribadi. Temuan ini menegaskan bahwa pemikiran Hamka mengenai pendidikan keimanan tidak hanya menyentuh aspek teoretis, tetapi juga praktis dalam upaya membentuk kepribadian muslim yang beriman dan berakhlak.} }