%A NIM.: 04874648 Amin Zamroni %O Drs. Suharto - Digitalisasi %T PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS NEGERI SLEMAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan perpustakaan di MTs Negeri Sleman, peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi siswa memanfaatkan perpustakaan, tingkat kemampuan siswa dalam menggunakan perpustakaan, serta pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang terkumpul berupa kata-kata maupun angka dianalisis melalui teknik analisis data, sedangkan metode statistik yang digunakan adalah statistik induktif atau inferensial untuk menguji pengaruh antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan perpustakaan di MTs Negeri Sleman masih kurang memadai, baik dari sisi ruang, fungsi informatif, maupun ketersediaan pegawai dan dana. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang cukup besar dalam memotivasi siswa agar memanfaatkan perpustakaan. Tingkat pemanfaatan perpustakaan di kalangan siswa tergolong sedang, dengan skor rata-rata 5,25. Namun demikian, pemanfaatan perpustakaan terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Semakin tinggi intensitas siswa dalam memanfaatkan perpustakaan, semakin baik pula prestasi belajarnya, dan sebaliknya. %K perpustakaan sekolah, prestasi belajar, motif siswa; kompetensin siswa %D 1996 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib73031