eprintid: 73033 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/30/33 datestamp: 2025-09-17 08:02:28 lastmod: 2025-09-17 08:02:28 status_changed: 2025-09-17 08:02:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Ngazizah, NIM.: 21104050055 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP-BOOK BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG ispublished: pub subjects: 530.7 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: flip-book, multi representasi, pemahaman konsep, gelombang note: Ari Cahya Mawardi, M. Pd. abstract: Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Four-D (4D). Subjek penelitian terdiri atas 14 peserta didik untuk uji coba terbatas dan 19 peserta didik untuk uji coba luas pada kelas XI di salah satu MA di Desa Tunjungmuli. Instrumen yang digunakan meliputi: lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi instrumen tes pemahaman konsep, lembar validasi produk, lembar penilaian produk, lembar respons peserta didik, serta tes pemahaman konsep (pretest dan posttest). Validasi instrumen penelitian dan instrumen tes pemahaman konsep dianalisis menggunakan persentase kesepakatan serta masukan berupa kritik dan saran, sehingga diperoleh instrumen yang layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Validasi instrumen tes pemahaman konsep dianalisis dengan menggunakan rumus Aiken’s V. Penilaian kualitas produk dilakukan dengan menggunakan skala Likert lima interval, sedangkan peningkatan pemahaman konsep diukur melalui gain score yang diperoleh dari perbandingan nilai pretest dan posttest. Respons peserta didik terhadap media pembelajaran diukur menggunakan skala Guttman dengan dua interval. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran flip-book berbasis multi representasi pada materi gelombang yang terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Hasil penilaian kualitas produk menunjukkan skor 4,65 dari ahli materi, 4,50 dari ahli media, dan 4,21 dari guru fisika, dengan kategori Sangat Baik (SB). Angket respons peserta didik memperoleh skor 0,99 dengan kategori Setuju (S), sedangkan nilai gain score sebesar 0,31 menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep setelah penggunaan media flip-book berbasis multi representasi. Media ini juga memberikan kontribusi positif bagi sekolah tempat penelitian, yakni dengan menghadirkan alternatif sumber belajar inovatif yang dapat digunakan vii guru, memperkaya variasi metode pembelajaran fisika, serta mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Kata kunci: flip-book, multi representasi, pemahaman konsep, gelombang date: 2025-08-20 date_type: published pages: 187 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ngazizah, NIM.: 21104050055 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP-BOOK BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73033/1/21104050055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73033/2/21104050055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf