TY - THES N1 - Dr. Winarti, S.Pd., M.Pd.Si. ID - digilib73041 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73041/ A1 - Bunga Agna Faradilla, NIM.: 21104050020 Y1 - 2025/08/14/ N2 - Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah kuasi eksperimen yang menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 56 peserta didik yang terbagi menjadi dua yaitu 28 peserta didik kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas kontrol. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes menggunakan instrumen soal pretest dan posttest berbentuk uraian dengan indikator berpikir kritis yang dikembangkan oleh Ennis, yaitu 1.) memberikan penjelasan sederhana; 2.) membangun keterampilan dasar; 3.) menyimpulkan; 4.) memberikan penjelasan lebih lanjut; 5.) mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model PjBL-STEAM terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan yang dibuktikan dari hasil uji hipotesis independent sample t test yang menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai ini menyatakan penolakan terhadap PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Keterampilan Berpikir Kritis KW - Project Based Learning KW - STEAM M1 - skripsi TI - PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 3 BANTUL PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN AV - restricted EP - 189 ER -