%A NIM.: 21104050020 Bunga Agna Faradilla %O Dr. Winarti, S.Pd., M.Pd.Si. %T PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 3 BANTUL PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN %X Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah kuasi eksperimen yang menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 56 peserta didik yang terbagi menjadi dua yaitu 28 peserta didik kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas kontrol. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes menggunakan instrumen soal pretest dan posttest berbentuk uraian dengan indikator berpikir kritis yang dikembangkan oleh Ennis, yaitu 1.) memberikan penjelasan sederhana; 2.) membangun keterampilan dasar; 3.) menyimpulkan; 4.) memberikan penjelasan lebih lanjut; 5.) mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model PjBL-STEAM terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan yang dibuktikan dari hasil uji hipotesis independent sample t test yang menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai ini menyatakan penolakan terhadap %K Keterampilan Berpikir Kritis, Project Based Learning, STEAM %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib73041