TY - THES N1 - Dra. Hj. Asnafiyah, M.P.d ID - digilib73048 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73048/ A1 - Hanif Aswin, NIM.: 21104080020 Y1 - 2025/08/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, penerapan, dan hasil belajar Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Matematika di kelas IV MI Ma?arif Sembego. Kurikulum Merdeka mulai diterapkan di madrasah ini sejak tahun ajaran 2023/2024, dengan fokus pada penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), modul ajar, serta penerapan pembelajaran diferensiatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitian meliputi guru kelas IV C, siswa, kepala sekolah, serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran disusun secara sistematis dengan menyesuaikan capaian pembelajaran, asesmen diagnostik, dan penyusunan modul ajar yang fleksibel; (2) penerapan pembelajaran berlangsung aktif, kontekstual, dan diferensiatif, di mana siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah, serta kegiatan pembelajaran selalu dihubungkan dengan kehidupan nyata; (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan, baik pada aspek kognitif berupa pemahaman materi pengolahan data dan peluang sederhana, maupun pada aspek afektif dan sosial seperti kerjasama, kedisiplinan, dan bernalar kritis. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Matematika, Perencanaan Pembelajaran, Penerapan Pembelajaran, Hasil Belajar PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kurikulum Merdeka KW - Matematika KW - Perencanaan Pembelajaran KW - Penerapan Pembelajaran KW - Hasil Belajar M1 - skripsi TI - PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA?ARIF SEMBEGO AV - restricted EP - 126 ER -