eprintid: 73048 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/30/48 datestamp: 2025-09-17 08:32:01 lastmod: 2025-09-17 08:32:01 status_changed: 2025-09-17 08:32:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Hanif Aswin, NIM.: 21104080020 title: PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA’ARIF SEMBEGO ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kurikulum Merdeka, Matematika, Perencanaan Pembelajaran, Penerapan Pembelajaran, Hasil Belajar note: Dra. Hj. Asnafiyah, M.P.d abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, penerapan, dan hasil belajar Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Matematika di kelas IV MI Ma’arif Sembego. Kurikulum Merdeka mulai diterapkan di madrasah ini sejak tahun ajaran 2023/2024, dengan fokus pada penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), modul ajar, serta penerapan pembelajaran diferensiatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitian meliputi guru kelas IV C, siswa, kepala sekolah, serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran disusun secara sistematis dengan menyesuaikan capaian pembelajaran, asesmen diagnostik, dan penyusunan modul ajar yang fleksibel; (2) penerapan pembelajaran berlangsung aktif, kontekstual, dan diferensiatif, di mana siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah, serta kegiatan pembelajaran selalu dihubungkan dengan kehidupan nyata; (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan, baik pada aspek kognitif berupa pemahaman materi pengolahan data dan peluang sederhana, maupun pada aspek afektif dan sosial seperti kerjasama, kedisiplinan, dan bernalar kritis. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Matematika, Perencanaan Pembelajaran, Penerapan Pembelajaran, Hasil Belajar date: 2025-08-12 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hanif Aswin, NIM.: 21104080020 (2025) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA’ARIF SEMBEGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73048/1/21104080020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73048/2/21104080020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf