TY - THES N1 - Prof. Drs. H. Muhammad Zein ID - digilib73084 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73084/ A1 - Kun Hanifah, NIM: 04874971 Y1 - 1995/01/29/ N2 - Penelitian ini membahas problematika pengajaran bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui berbagai kendala yang muncul dalam proses belajar mengajar, metode yang digunakan guru, serta upaya yang dilakukan guru maupun siswa agar pembelajaran bahasa Inggris dapat berjalan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan metode deduktif, induktif, dan komparatif untuk menggali data melalui deskripsi verbal, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan melalui analisis statistik deskriptif berupa penyajian angka dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di MAN 1 Yogyakarta menghadapi problematika kompleks yang mencakup aspek guru, siswa, kurikulum, dan metodologi. Untuk mengatasinya, pihak madrasah dan guru melakukan sejumlah upaya, antara lain peningkatan kompetensi pedagogis, penyesuaian kurikulum, penggunaan metode pengajaran variatif seperti Audio-Lingual Method, pemanfaatan media pembelajaran, serta pemberian les tambahan di luar jam sekolah. Upaya tersebut terbukti cukup berhasil, ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar siswa dari waktu ke waktu. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - problematika pembelajaran; metodologi pengajaran; anak didik; guru; kurikulum M1 - skripsi TI - PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 132 ER -