%0 Thesis %9 Skripsi %A Lia Aliatunnisa, NIM.: 21104050012 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:73101 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Project Based Learning, Scientific Approach, Pemahaman Konsep. %P 208 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73101/ %X Model pembelajaran PjBL dengan Scientific Approach merupakan sebuah model pembelajaran di mana peserta didik mampu memecahkan suatu permasalahan berdasarkan penemuan – penemuannya yang telah dilakukan pada saat pembuatan suatu proyek dengan mengembangkan kemampuan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan model PjBL berbasis Scientific Approach dengan model pembelajaran Discovery Learning dan (2) Efektivitas pembelajaran menggunakan model PjBL dengan Scientific Approach terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi energi terbarukan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik di dua kelas X fase E MAN Kota Banjar. Kelas XE1 sebagai kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan metode Discovery Learning dan di kelas XE2 sebagai kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan metode PjBL-Scientific Approach. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretestposttest berupa soal pilihan ganda sebanyak 14 butir soal untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Beberapa pengujian dilakukan pada penelitian ini meliputi uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test serta perhitungan N-gain dan effect size untuk menganalisis data. x Hasil penelitian diperoleh (1) Menggunakan paired sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik di kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan (H0 ditolak dan H1 diterima) dengan didapatnya nilai Sig.(2-tailed) = , serta menggunakan independent sample t-test terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada saat sebelum perlakuan dengan didapatnya nilai Sig.(2-tailed) = (H0 ditolak dan H1 diterima) tidak ada perbedaan rata – rata pemahaman konsep peserta didik setelah perlakuan dengan didapatnya nilai Sig.(2-tailed) = (H0 diterima dan H1 ditolak) . (2) Model pembelajaran PjBL dengan Scientific Approach berefek pada peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan diperolehnya N-Gain 0,48 dengan ukuran sedang dan nilai effect size > 0,5 yakni sebesar 1,43 yang terdapat pada kategori besar (H0 ditolak dan H1 diterima). Kata Kunci: Project Based Learning, Scientific Approach, Pemahaman Konsep. %Z Dr. Murtono, M. Si.