<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR"^^ . "Model pembelajaran PjBL dengan Scientific Approach merupakan sebuah\r\nmodel pembelajaran di mana peserta didik mampu memecahkan suatu\r\npermasalahan berdasarkan penemuan – penemuannya yang telah dilakukan pada\r\nsaat pembuatan suatu proyek dengan mengembangkan kemampuan observasi.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan kemampuan pemahaman\r\nkonsep peserta didik yang menggunakan model PjBL berbasis Scientific\r\nApproach dengan model pembelajaran Discovery Learning dan (2) Efektivitas\r\npembelajaran menggunakan model PjBL dengan Scientific Approach terhadap\r\npemahaman konsep peserta didik pada materi energi terbarukan.\r\nPenelitian ini dilakukan menggunakan metode quasi eksperimental dengan\r\ndesain nonequivalent control group. Subjek pada penelitian ini adalah peserta\r\ndidik di dua kelas X fase E MAN Kota Banjar. Kelas XE1 sebagai kelas kontrol\r\ndilakukan pembelajaran dengan metode Discovery Learning dan di kelas XE2\r\nsebagai kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan metode PjBL-Scientific\r\nApproach. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretestposttest\r\nberupa soal pilihan ganda sebanyak 14 butir soal untuk mengukur\r\nkemampuan pemahaman konsep peserta didik. Beberapa pengujian dilakukan\r\npada penelitian ini meliputi uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample\r\nt-test dan uji independent sample t-test serta perhitungan N-gain dan effect size\r\nuntuk menganalisis data.\r\nx\r\nHasil penelitian diperoleh (1) Menggunakan paired sample t-test\r\nmenunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik di\r\nkelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan (H0 ditolak dan H1 diterima)\r\ndengan didapatnya nilai Sig.(2-tailed) = , serta menggunakan\r\nindependent sample t-test terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep\r\npeserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada saat sebelum perlakuan\r\ndengan didapatnya nilai Sig.(2-tailed) = (H0 ditolak dan H1\r\nditerima) tidak ada perbedaan rata – rata pemahaman konsep peserta didik setelah\r\nperlakuan dengan didapatnya nilai Sig.(2-tailed) = (H0 diterima\r\ndan H1 ditolak) . (2) Model pembelajaran PjBL dengan Scientific Approach\r\nberefek pada peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan diperolehnya\r\nN-Gain 0,48 dengan ukuran sedang dan nilai effect size > 0,5 yakni sebesar 1,43\r\nyang terdapat pada kategori besar (H0 ditolak dan H1 diterima).\r\nKata Kunci: Project Based Learning, Scientific Approach, Pemahaman\r\nKonsep."^^ . "2025-08-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104050012"^^ . "Lia Aliatunnisa"^^ . "NIM.: 21104050012 Lia Aliatunnisa"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR (Text)"^^ . . . . . "21104050012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED\r\nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #73101 \n\nEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED \nLEARNING (PjBL) DENGAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN DI KELAS X MAN KOTA BANJAR\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Fisika"@en . .