<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA"^^ . "Penelitian ini merupakan penelitian dan penngembangan (Research and\r\nDevelopment/R&D). tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media\r\npembelajaran berupa e-comic berbasis permainan tradisional yang layak yang dapat\r\ndigunakan untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis dan self-efficacy siswa.\r\nMetode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri\r\ndari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan\r\nEvaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN 4 Sleman yang terbagi\r\nmenjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. E-comic yang dikembangkan\r\nmengusung tema kerajaan dengan cerita yang terintegrasi ke dalam permainan\r\ntradisional Indonesia seperti dakon, engklek, dan gobak sodor. Permainanpermainan\r\nini dipilih karena memiliki nilai edukatif, budaya, serta dapat\r\nmendorong siswa untuk berpikir kritis dan percaya diri dalam menyelesaikan\r\nmasalah yang disajikan dalam alur. e-comic disusun menggunakan aplikasi Canva\r\ndan IbisPaint X, serta dikemas dalam format flipbook yang dapat diakses melalui\r\ngadget.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa e-comic yang dikembangkan\r\nmemenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi ahli media dan materi\r\nmemperoleh persentase sebesar 88,79% (sangat valid), sementara uji kepraktisan\r\nberdasarkan respon siswa mencapai 78,81%. Uji efektivitas menunjukkan adanya\r\npeningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis (sig. 0,032) dan efikasi diri siswa\r\n(sig. 0,000) pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian,\r\npermainan tradisional berbasis e-comic ini layak digunakan dalam pembelajaran\r\nmatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri siswa.\r\nKata kunci: e-comic, permainan tradisional, berpikir kritis, self-efficacy"^^ . "2025-07-29" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104040021"^^ . "Aris Mislikhatun Islamiyah"^^ . "NIM.: 21104040021 Aris Mislikhatun Islamiyah"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Text)"^^ . . . . . "21104040021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN\r\nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #73105 \n\nPENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN \nTRADISIONAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN \nBERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY SISWA\n\n" . "text/html" . . . "510.7 Pendidikan Matematika" . .