<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran\r\nmatematis peserta didik di Indonesia, sebagaimana ditunjukkan oleh skor PISA\r\n2022 yang di bawah rata-rata OECD. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk\r\nmempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan tersebut.\r\nBerbagai studi menunjukkan bahwa aspek afektif, seperti self-regulated learning\r\ndan self-confidence, memiliki peran krusial dalam mendukung keberhasilan\r\npembelajaran matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis\r\nhubungan antara self-regulated learning, self-confidence dan kemampuan\r\npenalaran matematis peserta didik, baik secara parsial maupun simultan, serta\r\nmengidentifikasi kontribusi masing-masing aspeknya.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik\r\npengambilan sampel purposive cluster sampling, melibatkan 210 peserta didik dari\r\nSMA Negeri 1 Sewon dan MA Negeri 3 Bantul. Instrumen penelitian mencakup\r\nkuesioner untuk mengukur self-regulated learning dan self-confidence, serta tes\r\nuntuk mengukur kemampuan penalaran matematis. Analisis data dilakukan dengan\r\nStructural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS, yang\r\nmemungkinkan pemodelan hubungan kompleks antar variabel laten dan teramati.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning memiliki\r\npengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis peserta\r\ndidik (β = 0,309; p = 0,009). Namun, self-confidence tidak memiliki pengaruh\r\nlangsung yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis (β = -0,028; p\r\n= 0,819). Secara simultan, self-regulated learning dan self-confidence mampu\r\nmenjelaskan 10,3% variansi dalam kemampuan penalaran matematis, dengan\r\nkontribusi utama berasal dari self-regulated learning, mengindikasikan adanya\r\nfaktor-faktor lain yang lebih dominan.\r\nKata Kunci: Self-Regulated Learning, Self-Confidence, Kemampuan\r\nPenalaran Matematis, Structural Equation Modeling (SEM)."^^ . "2025-08-04" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104040006"^^ . "Anggita Cahya Widyaningrum"^^ . "NIM.: 21104040006 Anggita Cahya Widyaningrum"^^ . . . . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA (Text)"^^ . . . . . "21104040006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA (Text)"^^ . . . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA (Other)"^^ . . . . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA (Other)"^^ . . . . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA (Other)"^^ . . . . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA (Other)"^^ . . . . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS\r\nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #73109 \n\nSTRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS \nHUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .