<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA"^^ . "Latar belakang penelitian ini berangkat pada pentingnya pendidikan agama\r\nbagi setiap muslim, termasuk bagi penyandang disabilitas, khususnya\r\npenyandang disabilitas sensorik rungu. Menghafal Al-Qur’an merupakan\r\ntantangan tersendiri bagi mereka, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang\r\ntepat dan adaptif. Pesantren Darul A’shom merupakan salah satu lembaga yang\r\nmemberikan ruang bagi santri penyandang disabilitas sensorik rungu untuk\r\nmenghafal Al-Qur’an dengan strategi khusus sesuai kebutuhan mereka. Strategi\r\npembelajaran yang diterapkan di pesantren ini berperan penting dalam membantu\r\nsantri memahami, menghafal, serta menjaga hafalan Al-Qur’an secara konsisten.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran penyandang\r\ndisbilitas sensorik rungu dalam menghafal Al-Qur’an serta faktor pendukung dan\r\nfaktor penghambat yang dihadapi penyandang disbilitas sensorik rungu dalam\r\nproses pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren Darul A’shom Yogyakarta.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang\r\nmenggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik\r\npengumpulan datanya. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis\r\nmelalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan, pertama strategi pembelajaran yang\r\nditerapkan di Pesantren Darul A’shom adalah menggunakan jenis strategi\r\npembelajaran langsung, dimana dalam strategi pembelajaran tersebut pendidik\r\n(ustāż) berperan sebagai pusat dan sumber utama dalam proses pembelajaran.\r\nProses pembelajaran menggunakan teknik Qur’an isyarat dalam membantu santri\r\npenyandang disabilitas sensorik rungu menghafal Al-Qur’an. Kedua, faktor\r\npendukung dalam proses pembelajaran meliputi (1) antusiasme dan semangat\r\npara santri, (2) kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi santri, (3) pendidik\r\nyang mumpuni dan profesional, (4) lingkungan, (5) motivasi. Sedangkan faktor\r\npenghambat yang dihadapi dalam proses pembelajaran adalah deprivasi bahasa.\r\nKata Kunci: strategi pembelajaran, disabilitas sensorik rungu, menghafal, Al-\r\nQur’an, Darul A’shom"^^ . "2025-08-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104010086"^^ . "Ardum Maymuna Safitri"^^ . "NIM.: 21104010086 Ardum Maymuna Safitri"^^ . . . . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "21104010086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #73110 \n\nSTRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .