eprintid: 73110 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/31/10 datestamp: 2025-09-18 08:42:29 lastmod: 2025-10-16 04:58:17 status_changed: 2025-09-18 08:42:29 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Ardum Maymuna Safitri, NIM.: 21104010086 title: STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Strategi Pembelajaran, Disabilitas Sensorik Rungu, Menghafal, Al- Qur’an, Darul A’shom note: Dr. Akhmad Sholeh, S. Ag., M.Si. abstract: Latar belakang penelitian ini berangkat pada pentingnya pendidikan agama bagi setiap muslim, termasuk bagi penyandang disabilitas, khususnya penyandang disabilitas sensorik rungu. Menghafal Al-Qur’an merupakan tantangan tersendiri bagi mereka, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dan adaptif. Pesantren Darul A’shom merupakan salah satu lembaga yang memberikan ruang bagi santri penyandang disabilitas sensorik rungu untuk menghafal Al-Qur’an dengan strategi khusus sesuai kebutuhan mereka. Strategi pembelajaran yang diterapkan di pesantren ini berperan penting dalam membantu santri memahami, menghafal, serta menjaga hafalan Al-Qur’an secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran penyandang disbilitas sensorik rungu dalam menghafal Al-Qur’an serta faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi penyandang disbilitas sensorik rungu dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren Darul A’shom Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, pertama strategi pembelajaran yang diterapkan di Pesantren Darul A’shom adalah menggunakan jenis strategi pembelajaran langsung, dimana dalam strategi pembelajaran tersebut pendidik (ustāż) berperan sebagai pusat dan sumber utama dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran menggunakan teknik Qur’an isyarat dalam membantu santri penyandang disabilitas sensorik rungu menghafal Al-Qur’an. Kedua, faktor pendukung dalam proses pembelajaran meliputi (1) antusiasme dan semangat para santri, (2) kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi santri, (3) pendidik yang mumpuni dan profesional, (4) lingkungan, (5) motivasi. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi dalam proses pembelajaran adalah deprivasi bahasa. Kata Kunci: strategi pembelajaran, disabilitas sensorik rungu, menghafal, Al- Qur’an, Darul A’shom date: 2025-08-15 date_type: published pages: 177 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ardum Maymuna Safitri, NIM.: 21104010086 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK RUNGU DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN DARUL A’SHOM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73110/1/21104010086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73110/2/21104010086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf