eprintid: 73143 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/31/43 datestamp: 2025-09-19 03:27:43 lastmod: 2025-09-19 03:27:43 status_changed: 2025-09-19 03:27:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Naila Rahma Mufiida, NIM.: 21104040025 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING TERINTEGRASI BUDAYA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: media pembelajaran; mobile learning; berpikir kritis matematis note: Raekha Azka, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning yang terintegrasi budaya lokal guna memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Media yang dikembangkan berbentuk aplikasi bernama SAVEKTA, dan dirancang mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Fokus utama penelitian adalah pada tiga aspek, kelayakan media, respon guru dan siswa, serta keefektifan media dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan subjek uji coba siswa kelas XI di salah satu SMA di Yogayakarta. Instrumen pengumpulan data mencakup lembar validasi ahli, angket respon, dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa media tergolong layak untuk digunakan, dengan kategori “baik”. Respon guru dan siswa terhadap media SAVEKTA juga tergolong positif dan praktis. Sedangkan dari hasil uji efektivitas menggunakan uji independent sample t-test, diperoleh nilai signifikansi 0,043 < 0,05, yang menunjukkan bahwa penggunaan media memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian, media pembelajaran matematika berbasis mobile learning yang terintegrasi budaya ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan adaptif terhadap kebutuhan zaman. date: 2025-08-06 date_type: published pages: 324 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Naila Rahma Mufiida, NIM.: 21104040025 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING TERINTEGRASI BUDAYA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73143/1/21104040025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73143/2/21104040025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf