TY - THES ID - digilib7315 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7315/ A1 - SAFA?ATUN, NIM. 08690026 Y1 - 2013/02/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul IPA Fisika berbasis integrasi-interkoneksi untuk siswa SMP/MTs, mengetahui kualitas dan respon siswa terhadap modul IPA Fisika berbasis integrasi-interkoneksi yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov yakni melibatkan 5 langkah utama yaitu 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil, dan revisi produk, 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa angket kualitas modul yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk siswa berupa angket respon siswa yaitu menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, ahli integrasi-interkoneksi dan guru IPA Fisika modul memiliki kategori sangat baik (SB). Persentase keidealan menurut ahli materi adalah 95,59%, persentase keidealan menurut ahli media adalah 75%, persentase keidealan menurut ahli integrasi-interkoneksi adalah 75%, dan persentase keidealan menurut guru Fisika SMP/MTs adalah 89,58 %. Respon siswa terhadap modul IPA Fisika berbasis integrasi-interkoneksi pada uji lapangan skala kecil diperoleh persentase 91,67%, sedangkan pada uji lapangan skala besar diperoleh persentase 84,46%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul layak dijadikan sebagai salah satu sumber belajar yang berbasis integrasiinterkoneksi. Kata kunci: Modul, IPA fisika, integrasi-interkoneksi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MODUL IPA FISIKA BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK SISWA SMP/MTs AV - restricted ER -