eprintid: 73158 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/31/58 datestamp: 2025-09-19 07:49:38 lastmod: 2025-09-19 07:49:38 status_changed: 2025-09-19 07:49:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Nita Komala, NIM.: 21104030028 title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS FITRAH UNTUK MENUMBUHKAN KEIMANAN ANAK USIA 3-6 TAHUN DI SEKOLAH OTAK KANAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 372.21 divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: implementasi pembelajaran berbasis fitrah, fitrah, anak usia dini, menumbuhkan keimanan anak, iman note: Hafidh’ Aziz, S.Pd.I., M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya krisis kemanusiaan dan degradasi nilai moralitas semakin massif dalam masyarakat kita, meningkatnya perilaku kekerasan dan merusak dikalangan pelajar baik di media sosial maupun kehidupan nyata seperti pengunaan obat-obatan terlarang, rendahnya rasa hormat pada orang tua dan guru serta berkembangnya rasa saling membenci dan memusuhi dikalangan pelajar. Tujuan dari Penelitian ini yaitu (1) Memahami sistem pendidikan berbasis fitrah anak usia dini di Sekolah Otak Kanan Yogyakarta. (2) Mengetahui implementasi pembelajaran berbasis fitrah untuk menumbuhkan keimanan anak usia 3-6 tahun di Sekolah Otak Kanan Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif Deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 Maret sampai dengan 10 Mei 2025 yang bertempat di Sekolah Otak Kanan Yogyakarta. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi berstruktur, wawancara semi berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa (1) Sekolah Otak Kanan Yogyakarta menginput peserta didik dengan syarat minimal 2,5 tahun dan menyediakan sekolah bagi orangtua. Dalam prosesnya tugas tama anak adalah bermain bebas dengan bereksplorasi, berkreasi dan berekspresi. Yang mana outpunya anak bertumbuh dan perkembang secara optimal sesuai fitrah anak usia dini sehingga usia 7 tahun anak sudah tamyiz. (2) Implementasi pembelajaran yang dilakukan di sekolah dimulai dari pembukaan, sikomotorik playing, berkisah, snack time, bermain bebas, dan penutup yang mana acuan pembelajaran berdasarkan 4 pilar yaitu iman, ego, emosi, dan sikomotorik. Kata Kunci : implementasi pembelajaran berbasis fitrah, fitrah, anak usia dini, menumbuhkan keimanan anak, iman date: 2025-07-24 date_type: published pages: 240 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nita Komala, NIM.: 21104030028 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS FITRAH UNTUK MENUMBUHKAN KEIMANAN ANAK USIA 3-6 TAHUN DI SEKOLAH OTAK KANAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73158/1/21104030028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73158/2/21104030028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf