%0 Thesis %9 Skripsi %A Mar’atun Khoiriyah, NIM.: 21104010080 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:73162 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pendidikan karakter, nilai-nilai, film Nussa dan Rara, pendidikan agama Islam. %P 133 %T ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI “NUSSA DAN RARA” EPISODE KOMPILASI VOL. 1 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Pendidikan (S.Pd) Disusun Oleh : Mar’atun Khoiriyah NIM: 21104010080 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2025 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73162/ %X Latar belakang penelitian ini merespon tantangan dalam pendidikan karakter anak di era modern mencakup berbagai hal, salah satunya adalah pengaruh media digital. Media digital saat ini seringkali berfokus pada hiburan semata tanpa muatan edukatif, sehingga ini menjadi salah satu tantangan bagi orang tua untuk menemukan tontonan yang mengedukasi dan menanamkan nilainilai positif khususnya nilai-nilai Islami. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Nussa dan Rara pada episode kompilasi vol. 1 dan relevansinya dengan PAI. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk menggambarkan, memahami, dan menafsirkan pesan-pesan moral serta nilai-nilai pendidikan karakter yang tersirat dalam dialog, alur cerita, dan visualisasi film. Metode penelitian ini berfokus pada kajian tekstual dan kontekstual melalui analisis isi (content analysis), sehingga data yang diperoleh tidak berbentuk angka melainkan berupa deskripsi mendalam mengenai nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film. Hasil penelitian enunjukkan film animasi "Nussa dan Rara" episode kompilasi Vol. 1 mengandung berbagai nilai karakter yang memiliki relevansi kuat dengan Pendidikan Agama Islam (PAI), antara lain nilai religiusitas, tanggung jawab, kasih sayang, kepedulian sosial, keberanian, disiplin, dan kerja sama. Nilainilai tersebut tercermin melalui berbagai adegan dan dialog yang mengajarkan pentingnya pengamalan ajaran agama, sikap empati, keberanian menghadapi tantangan, serta kerja sama dalam kebaikan. PAI berperan dalam menginternalisasi nilai-nilai ini kepada peserta didik, tidak hanya sebagai aspek kognitif semata, tetapi juga sebagai pembentukan karakter yang utuh, yang mencakup kecerdasan spiritual, moral, dan sosial untuk membentuk pribadi yang berintegritas dan berkontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat. Kata kunci: pendidikan karakter, nilai-nilai, film Nussa dan Rara, pendidikan agama Islam. %Z Drs. H. Radino, M.Ag