%0 Thesis %9 Skripsi %A Sri Chasanah, NIM.: 91220985 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 1997 %F digilib:73173 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Bimbingan Agama Islam, Pondok Pesantren, Pendidikan Anak, Miftahul HudA %P 116 %T PEMBINAAN KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN KANAK KANAK MIFTAHUL HUDA DESA SIWATU KECAMATAN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73173/ %X Pondok Pesantren Kanak-kanak Miftahul Huda didirikan sebagai solusi untuk orang tua yang kesulitan memberikan pembinaan agama Islam kepada anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan agama Islam bagi santri berusia 5 sampai 12 tahun di pesantren tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian meliputi pengasuh, koordinator urusan pendidikan, koordinator Ta'limul Khitobah, dan pengurus pesantren lainnya. Metode pengumpulan data utama adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Miftahul Huda memiliki program bimbingan agama Islam yang terstruktur, meliputi bimbingan membaca dan menulis Al-Qur'an, bimbingan menghafal doa-doa sehari-hari, pengajian kitab tuntunan salat, dan bimbingan Ta'limul Khitobah. Pelaksanaan bimbingan ini didasarkan pada kurikulum, metode, dan bahan ajar yang terprogram dengan baik. Lingkungan pesantren juga sangat mendukung pembiasaan dan praktik ibadah santri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pesantren telah berhasil melaksanakan bimbingan agama Islam bagi anak-anak melalui serangkaian program yang sistematis, dengan dukungan lingkungan yang kondusif. Hal ini dapat menjadi bahan rujukan dan evaluasi bagi Pondok Pesantren Miftahul Huda dalam upaya meningkatkan kualitas bimbingan di masa depan. %Z Drs. H. Abd. Rahman, M. dan Drs. Abror Sodik - Digitalisasi