%A NIM.: 21105030028 Wadatul Humairo’ %O Asep Nahrul Musadad, S.Th.I., M.Ag. %T TELAAH ULANG SUMBER TAFSIR AL-QUR’AN SUCI BASA JAWI KARYA KH. MUHAMMAD ADNAN %X Kajian ini mengeksplorasi tradisi genealogis dalam penulisan karya tafsir di Kasunanan Surakarta. Tradisi ini merupakan tradisi penulisan tafsir Al-Qur’an yang dilakukan dalam lingkup Kasunanan Surakarta yang mengalami keberlanjutan dan keterkaitan satu sama lain. Tradisi ini dalam ruang lingkup sederhana membahas keterkaitan antara Tafsir Al-Qur’an Al-Azim, Kuran Jawi dan Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi sebagai generasi mutakhir diantara ketiganya. Keterkaitan ini secara simplistik dibahas oleh Noor Khamidah dan Johanna Pink sebelumnya. Secara tidak langsung adanya keterkaitan ini menunjukkan adanya indikasi sumber terhadap kitab Tafsir Al-Qur’an Al-Azim yang digunakan sebagai sumber rujukan dari kedua kitab setelahnya. Padahal dalam Kuran Jawi maupun Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi tidak memberikan instruksi eksplisit yang menyatakan keterkaitannya dengan Tafsir Al-Qur’an Al-Azim. Di sisi lain, Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi yang menjadi objek dalam penelitian ini secara eksplisit menyebut beberapa kitab-kitab tafsir terdahulu sebagaimana Tafsir Jamal, Tafsir Jalalain, Tafsir Khazin, dan Tafsir Fath al-Bayan. Pernyataan ini bertolak belakang dengan narasi yang dikemukakan Khamidah dan Pink. Dengan ini fokus kajian yang dilakukan oleh peneliti adalah melakukan telaah ulang kajian sumber yang memiliki keterkaitan dengan Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi baik berkaitan dengan sumber eksplisit maupun sumber implisit. Sumber eksplisit berupa kitab-kitab tafsir yang disebutkan secara jelas oleh Adnan dalam Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi, sedangkan sumber implisit mengarah pada sumber yang tidak disebut Adnan dalam kitabnya akan tetapi memiliki keterkaitan satu sama lain. Selain itu, penelitian ini juga memaparkan analisis kontinuitas dan perubahan Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi untuk melihat sejauh mana Adnan atas bantuan anaknya melakukan upaya konservatif dan penyempurnaan penulisan. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan analisis data tanpa merubahnya dalam bentuk simbol atau bilangan. Analisis ini dilakukan melalui pendekatan studi telaah sumber yakni dengan mengumpulkan literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini menjawab dua rumusan masalah sebagaimana berikut: a.) Bagaimana tinjauan ulang sumber penafsiran Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi terhadap sumber eksplisit dan implisit, b.) Sejauh mana keterkaitan Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi terhadap Tafsir Al-Qur’an Al-Azim dan Kuran Jawi jika dilihat berdasarkan analisis kontinuitas dan perubahan dalam tafsir. Hasil dari penelitian ini adalah: sumber penafsiran yang disebutkan secara eksplisit oleh penulis merujuk pada empat tafsir yakni Jamal, Jalalain, Khazin dan Fath al-Bayan. Sedangkan realitanya, Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi dalam penulisannya merujuk pada Tafsir Al-Qur’an Al-Azim dan Kuran Jawi. Pernyataan ini secara konkret nampak jelas pada seluruh aspek penulisan, mulai dari penyajian tafsir, penjelasan tambahan dalam bentuk footnote yang disebutkan hampir 50% halaman pada bagian awal dari penulisan tafsir, hingga pola penyebutan sumber. Adnan melakukan upaya modifikasi dengan melakukan sedikit banyak perubahan baik adanya penambahan dan pengurangan dalam penulisan. Pada aspek perujukan sumber yang dilakukan Adnan besar kemungkinan tidak merujuk secara langsung kepada tafsir sumber, melainkan ia melakukan kutipan yang sama sebagaimana ditulis dalam Tafsir Al-Qur’an Al-Azim dan Kuran Jawi. Meskipun demikian, penulisan Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi tidak sepenuhnya repetitif, kitab ini menyajikan kontinuitas dan perubahan dengan mempertahankan tafsir dan dibeberapa kesempatan dilakukan upaya modifikasi. Meskipun penulisan Adnan didasarkan pada kitab-kitab yang ditulis sebelumnya, upaya modifikasi dilakukan Adnan tentunya menyajikan kekhasan dari penulisan kitabnya. %K Sumber Penafsiran, Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi, Muhammad Adnan %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib73197